Kusen Sebagai Bingkai Rumah

Kusen merupakan bagian penting dalam rumah. Kusen berperan sebagai jalan sirkulasi udara dan cahaya. Namun keberadaan kusen saat ini juga bernilai estetika, sehingga mulai bermunculan model kusen yang indah. Kusen dapat menjadi penghias dan sebagai wajah yang pertama kali dilihat dari bagian rumah.

Keberadaan kusen sebagai penyangga bagian yang memilki bobot berat, yaitu jendela dan pintu harus sangat diperhatikan. Bahan dasar kusen harus disesuaikan dengan bahan dasar pintu atau jendela. Sama halnya dengan pintu dan jendela, bahan dasar kusen kini semakin beragam. Tetapi kayu tetap menjadi pilihan bagi banyak orang.

Sebagai bingkai khusus penopang pintu atau jendela, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan memilih kusen, yaitu:
1. Bahan yang berkualitas baik
Jenis kayu yang bertekstur kuat dapat menjadi alternatif terbaik ketika memilih kusen. Kayu yang berserat padat dan kering akan terhindar dari pemuaian atau menyusutan yang diakibatkan oleh perubahan suhu dan cuaca.
2. Ukuran
Mengukur pintu dengan kusen harus dilakukan dengan cermat, agar sesuai dan terlihat rapi.
3. Model
Desain kusen pintu harus disesuaikan dengan model daun pintu dan konsep bangunan. Biasanya pembuatan kusen akan satu paket dengan daun pintunya, sehingga model dapat disesuaikan.
4. Tekstur kayu
Pilihlah tekstur permukaan kayu yang halus agar lebih mudah untuk proses pengecatan. Selain itu permukaan yang berongga cenderung akan lebih mudah keropos, karena biasanya rongga ini disebabkan karena serangan serangga.
5. Harga
Anggaran menjadi salah satu hal penting ketika akan memilih material bahan bangunan. Harga kusen akan beragam disesuaikan dengan bahan dasar, model serta ukuran. Menyediakan anggaran yang pas akan menjadi panduan ketika memilih kusen.

Kusen juga harus dirawat dengan baik agar dapat bertahan lama. Cara perawatannya tidak jauh berbeda dengan saun pintu dan jendela.
a. Memberi cat atau vernis seluruh permukaan kusen.
perusahaan kayu di batam ini berguna agar kusen menjadi lebih tahan lama, selain itu akan terlihat semakin indah jika telah diberi warna yang disesuaikan dengan cat dinding.
b. Melapisi dengan anti rayap atau jamur.
Seperti telah diketahui bahwa kayu sangat rentan terhadap serangan serangga. Jika dalam keadaan lembab maka kayu juga sangat mudah ditumbuhi jamur. Pemberian anti rayap dan jamur akan membuat kusen lebih kuat.
c. Menutup lubang
Lubang yang terdapat di kusen biasanya disebabkan oleh serangan serangga. Segera tutup lubang dengan menggunakan dempul agar tidak dijadikan sarang serangga.
d. Melindungi dari paparan cahaya dan air.
Pemberian kanopi atau atap dapat melindungi kusen dari cahaya matahari secara langsung atau cipratan air hujan.
e. Bersihkan secara rutin.
Pembersihan dapat menggunakan lap untuk mengangkat debu dan kotoran yang menempel.

Jika ingin memilki kusen dengan kualitas terbaik dan ragam model yang menarik, kusen kayu Batam dapat menjadi alternatif pilihan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *